Rabu, 18 Mei 2016

Mamuju Butuh Perubahan : Balak-Balakang Butuh Perhatian Bukan Hanya Janji

Balak-Balakang tidak menginginkan pindah ke negeri seberang, mereka merasa orang MAMUJU seutuhnya. Mereka di Huni warga Sumare, Tapandullu, Tapalang Barat, Tubo, Sendana, Pamboang, Rangas dan masyarakat lainnya. 

Salah satu pulau yang ada di Balak-Balakang Kab. Mamuju
Foto : Mamuju Butuh Perubahan
Mereka ingat sejarah nenek moyang Mereka yang membuat mereka merasa orang mamuju orang mandar dan orang Sulbar. Mereka takkan pernah melupakan sejarah dua nama yaitu Pua' Biaya dan Pua' Aco yang pertama kali menempati pulau Ambo, Pulau Saboyang yang Melawan Suku Laut Bajo Kalimantan. Dua pahlawan pulau ini memukul mundur Suku Laut Bajo yang di tandai adanya gusung yang mereka namakan Gusung Bajo Mate. Pasukan suku Laut Bajo tersisa satu orang di Gusung Bajo Mate tempat pertumpahan darah perebutan pulau. Saru orang sisa suku laut Bajo telinganya dipotong dan disuruh kembali ke Kalimantan menyampaikan berita bahwa jangan " coba-coba kembali ke balak-balakang, kalau tidak ingin di kubur di pulau ini ". 

Sampai saat ini pun tidak ada yang berani kembali. Pua' Biaya dan pua' Aco bersepakat menyampaikan kepada raja Mamuju bahwa mereka berhasil menguasai Pulau. Padahal 2 pahlawan ini berasal dari Tubo Kab. Majene. Mungkin karena faktor mamuju yang terdekat maka mereka Memutuskan untuk menyatakan kepada raja Mamuju Bahwa pulau ini akan masuk wilayah pemerintahan Mamuju. Akhirnya pulau Balak-balakang dulunya Masuk wilayah otonomi Desa Sumare Kecamatan Mamuju dan Sekarang Menjadi Kecamatan tersendiri dengan Terbagi 2 Desa Yakni Balak-Balakang Induk dan Balak-Balakang Timur.
Balak-Balakang Timur terdiri dari : 
Pulau Ambo 
Pulau Tappilagaan
Pulau Seloan 
Pulau Labia 
Pulau Malamber besar 
Pulau Malamber kecil 
Pulau Lamudaan
Gusung Mara'dia dll

Balak-Balakang Induk terdiri dari. 
Pulau Popoongan 
Pulau Samataha 
Pulau Saboyang 
Pulau Salissingan 
Pulau Kamariang
Pulau Sumanga kecil dan Besar
Pulau Sabakkatang 
Gusung Durian dll

Intinya mereka inginkan perhatian lebih pemerintah dan jangan hanya janji. 

Kondisi sekolah yang ada di pulau Balak-Balakang Kab. Mamuju
Foto : Mamuju Butuh Perubahan

0 komentar:

Posting Komentar