Selasa, 17 Mei 2016

Pantai Waitawar Kec. Balanipa Miliki Potensi Wisata Yang Menjanjikan

Objek wisata Pantai Waitawar, terletak kurang lebih 40 Km dari kota Polewali. Tepatnya di dusun Waitawar Desa Tammangalle Kec. Balanipa Kab. Polewali Mandar.

Pantai Waitawar Yang Terletak Di Desa Tammangalle
Kec. Balanipa Kab. Polewali Mandar

Pantai ini sendiri cukup bersih untuk dijadikan lokasi wisata pantai, sebab lokasi perumahan warga agak jauh jaraknya. Karena itu, limbah masyarakat tidak langsung dibuang ke pantai ini. Setiap hari saat sore ada banyak warga setempat apalagi anak-anak yang menghabiskan waktu dengan mandi-mandi dan bermain di tepi pantai Waitawar, sementara di hari minggu dan hari-hari libur waktu siang dan sore pantai ini sering dipadati pengunjung.

(Nampak anak-anak sedang menikmati laut pantai waitawar
Foto : Hasbi)

Mengapa dikatakan Pantai Waitawar ? Waitawar sendiri merupakan bahasa lokal setempat, bahasa Mandar yang artinya "Air Tawar". Namun bukan air lautnya yang tawar tetaapi terdapat sumur di sekitar pantai tersebut yang memiliki  airn sangat tawar bahkan beberapa orang meyakini air tersebut bisa jadi obat.

Salah satu kelebihan pantai ini adalah ia memiliki lokasi pantai yang sangat luas. Banyak dari siswa atau pemuda yang melaksanakan kegiatan workshop, diskusi, atau pelatihan outdoor, atau camping di pantai ini. Selain itu juga beberapa meter dari tepi pantai pantai Waitawar dillepas pantainya memiliki terumbu karang (koral) yang sangat cocok bagi pehobi snorkling. Satu hal yang harus dihindari di pantai ini adalah di larang keras berduaan apalagi di malam hari karena dapat berujung pada sanksi moral atau dengan pilihan digiring ke kantor KUA setempat.

Sumber : Kompa Dansa Mandar

0 komentar:

Posting Komentar