Rabu, 18 Mei 2016

Pulau Ambo, Surga Wisata Yang Tersembunyi Di Mamuju

Akses Transportasi dan jarak yang cukup jauh serta hanya bisa ditempuh dengan perahu motor selama kurang lebih 4-5 jam membuat pulau ini tidak banyak diketahui oleh banyak orang tentang potensinya, ditambah minimnya ruang publikasi makin membuat pulau ambo tidak dapat dinikmati keindahan pulaunya yang sangat mengangumkan menyimpan surga wisata yang tidak kalah eksotik dengan beberapa tempat wisata bahari yang ada di Indonesia.

Pulau Ambo yang merupakan bagian dari Kec. Balak-Balakang
Kab. Mamuju Provinsi Sulawesi Barat
Foto : Mamuju Butuh Perubahan
Pulau ambo yang kini menjadi Kecamatan Kepulauan Bala-balakang merupakan salah satu kecamatan termuda di Kabupaten Mamuju yang merupakan pemekaran dari kecamatan induk yaitu Kecamatan Simboro dan Kepulauan pada tahun 2010, dengan jumlah penduduk ± 530 KK.
Kepulauan Bala-balakang yang terletak sekitar 49,5 km dari Pusat Kota Mamuju dan secara secara geografis Kepulauan Bala-balakang sebagai salah satu wilayah administrasi Kabupaten Mamuju yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Timur dengan batas-batas wilayah Sebelah Utara Provinsi Kalimantan Timur, Sebelah Timur Kecamatan Simboro, Sebelah Selatan Selat Makassar, Sebelah Barat   Kabupaten Pasir Provinsi Kalimantan Timur.

Kecamatan Kepulauan Bala-balakang terdiri dari dua desa dan rencananya satu desa persiapan. Rata-rata jarak antara ibukota desa ke pusat pemerintahan kecamatan adalah Desa Bala-balakang 15 Mil Laut, Desa Bala-balakang Timur 60 Mil Laut, Desa Persiapan / Popo’ongan 20 Mil Laut. Rata-rata waktu jarak tempuh ke Pusat Pemerintah Kecamatan Desa Bala-balakang 2 jam, Desa Bala-balakang Timur 5 jam, Desa Persiapan / Popo’ongan, 3 jam.

Pulau Popoongan yang merupakan salah satu pulau yang ada di Kec. Balak-Balakang
Kab, Mamuju Prov.Sulawesi Barat
Foto : Mamuju Butuh Berubahan
Kepulaun luar kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat ini sangat mengagumkan dan menyimpan potensi wisata bahari yang sangat menawan, dari atas marcusuar kita dapat menikmati sejauh mata memandang disekeliling pulau pemandangan desa dan pantai. Selain itu juga warga masyarakatnya ramah dan sopan semakin menambah keelokan pulai ini dengan keindahan laut biru yang jernih, tumbuh karang yang masih alami serta pesisir pantai dengan pasir putih yang bersih serta adanya penangkaran Ikan karapu dan beberapa macam ikan dengan kwalitas ekspor, ditambah kehadiran udang lobster dan penyu yang banyak dijumpai disekitar pinggir laut lepas yang menjadi sabahat bagi siapa saja yang berenang, makin menambah daya tarik pulau ini. 

Menurut keterangan Bahtirar Salam yang juga kepala desa Bala-balakang Timur “Keindahan dan keelokan pulau ini sangat disayangkan karena kurangnya ruang publikasi dan tidak adanya perhatian lebih dari pemerintah, sehingga dapat dijadikan tujuan wisata bahari yang tidak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia sehingga juga dapat mendongkrak pendapatan ekonomi masyarakatnya”. Ungkap Bahtiar

Sumber : Malaqbi.com

0 komentar:

Posting Komentar